Destinasi Wisata Anak di Jogja Untuk Edukasi 2020

Hari weekend tentu saja menjadi hari yang paling ditunggu bagi anak-anak saat libur sekolah. Ada banyak tempat rekreasi yang menyenangkan dan menghibur. Dimana tempat tersebut, pastinya dapat menghilangkan rasa suntuk dan bosan akibat kegiatan pembelajaran yang telah berlangsung dari seni hingga sabtu. Destinasi wisata anak di Jogja menjadi pilihan tepat.


Jika orang tua ingin mencari destinasi wisata yang murah namun tetap mendidik bagi anak, ada banyak destinasi wisata anak yang dapat dikunjungi di kota ini. Apalagi sekarang orang tua harus lebih selektif untuk memilih tempat wisata agar anak bisa sambil belajar. Berikut ini destinasi wisata anak di Jogja beredukasi 2020.

1. Taman Pintar

Sesuai dengan namanya, destinasi ini menyediakan beragam wahana edukasi yang dapat melatih motorik anak untuk aktif dalam mempelajari setiap permainan yang disajikan didalamnya. Seperti wahana di bidang kerajinan, matematika, astronomi, sains, dan bencana alam. Untuk tiket masuk sangat irit kantong, ditambah lagi lokasinya tida jauh dari titik nol km yogyakarta.

2. The World Landmark

Bagi orang tua yang ingin memperkenalkan kepada anaknya beragam contoh miniatur dari seluruh dunia, seperti kincir angin belanda, menara eiffel, big ben, telepon umum London, patung liberty, menara pisa, dan lainnya, di The World Landmark Merapi Park menyediakan semua. Selain tempat belajar, juga bisa menjadi wahana spot foto yang indah.

3. Museum Affandi

Museum Affandi adalah museum seni yang dibangun oleh maestro Affandi. Ini museum seni yang menyajikan lukisan tentang biota, kehidupan manusia, dan alam. Lokasinya tepat berada di kediaman Affandi, jalan AdisuciptoNomor 167. Selain menyajikan karya yang indah, setiap lukisan di galeri ini memiliki makna tersendiri, sehingga anak-anak dapat mengenal aliran lukisan.

4. Watu Lumbung

Destinasi wisata yang satu ini bisa menjadi pilihan yang pas bagi orang tua yang ingin memperkenalkan kepada anak-anak cara memasak yang benar, menanam pohon, dan memetik sayuran. Karena ini wisata edukasi yang mengajarkan anak untuk dekat dengan alam perdesaan asri. Dan di kampung ini bisa menikmati kuliner yang khas Yogyakarta.

5. Desa Batik Krebet

Wisata edukasi lainnya di kota Yogyakarta, yang dapat diperkenalkan kepada anak yaitu mengajak ke Desa Batik Kayu Krebet, sentral pembuatan batik di Yogyakarta. Selain membeli kain batik, pengunjung juga dapat belajar bersama para pengerajin membuat kain batik tulis yang indah. Belajar disini dapat menumbuhkan rasa cinta anak terhadap budaya sendiri.

6. Omah Petruk

Wisata Omah Petruk, adalah destinasi wisata yang sangat ramai dikunjungi oleh wisatawan domestik ataupun mancanegara saat liburan. Wisata yang terletak di Desa Krang Klethek, Wonorejo, Sleman, Yogyakarta ini, menyediakan wahana edukasi yang dapat memperkenalkan kepada anak, pengetahuan budaya dan kesenian patung, serta keunikan dari lima agama yang ada di Indonesia.

7. Monjali

Monjali adalah monumen bersejarah yang berdiri di kota Yogyakarta. Bangunan yang mirip dengan Pyramida dari Mesir ini, menyimpan beragam cerita-cerita berharga tentang perjuangan pahlawan dalam memperjuangkna kemerdekaan tahun 1945-1949.Berlokasi di Ring Road Utara Yogyakarta, Monjali menjadi destinasi wisata edukasi yang tepat bagi anak-anak untuk belajar mencintai sejarah kota Yogyakarta tercinta.

Nah, inilah tujuh destinasi wisata menarik yang dapat diperkenalkan kepada anak saat liburan. Selain memberikan pengalaman berharga, wisata ditempat-tempat tersebut juga bisa sebagai wahana belajar yang seru bagi anak sehingga tidak mudah terlupakan. Semoga destinasi wisata anak di Jogja beredukasi 2020 yang disajikan dapat menjadi inspirasi liburan menyenangkan. Happy weekend!